JENIS SAMPAH YANG SULIT TERURAI

JENIS SAMPAH YANG SULIT TERURAI

Sampah memang sudah menjadi masalah umum di kehidupan manusia. Sampah bisa dibagi menjadi dua yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai dan sampah tersebut alami. Contohnya seperti daun, sisa makanan dan sampah alami lainnya. Sampah anorganik adalah sampah yang sulit untuk terurai dan dapat mencemari lingkungan hidup. Tidak hanya itu sampah anorganik juga dapat menyebabkan tanah menjadi tidak subur lagi. Contohnya adalah barang-barang yang terbuat dari plastik. Sampah plastik memanglah dapat terurai jika kita mengolahnya, namun ada sampah yang sangat sulit untuk terurai. Maka dari itu kita tidak boleh membuang sampah secara sembarangan karena dapat menimbulkan bencana alam. Bencana alam tersebut seperti banjir, tanah longsor dan juga bencana lain yang disebabkan oleh ulah manusia. 

Sampah-Sampah Yang Sulit Terurai

Sampah sangatlah mengganggu kehidupan kita. Seringkali kita menemukan orang membuang sampah secara sembarangan padahal di tempat tersebut sudah disediakan tempat sampah. Kebiasaan buruk ini tentunya harus dihilangkan dari kehidupan kita. Kesadaran masyarakat bisa menjadikan lingkungan menjadi bersih. Selain itu, masih saja ada yang membuang sampah di sungai. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran air yang bisa membunuh ikan dan merusak ekosistem air. Tidak hanya itu, sebaiknya mulai dari sekarang kurangi lah memakai plastik agar lingkungan tetap terjaga. Kita bisa mengganti plastik menggunakan kertas ataupun barang yang bisa dipakai berkali-kali. Tahukah kamu mana saja sampah yang sulit terurai? Tentunya kita harus mengetahui dahulu sampah tersebut di bawah ini:

  • Kaleng aluminium

Jika kamu sering minum soda pastinya tidak pernah terbesit di benakmu bahwa kaleng adalah sampah yang sulit untuk terurai. Kaleng membutuhkan 80 tahun sampai seterusnya agar bisa terurai. Tentu saja ini masalah tersendiri bagi kehidupan. Dampak yang buruk ini bisa kita ubah dengan mendaur ulang kaleng tersebut. Kamu bisa membuat berbagai barang dengan kreatifitasmu. 

  • Popok bayi 

Tahukah kamu bahwa popok bayi adalah sampah yang sulit terurai? Popok bayi membutuhkan waktu sekitar 500 tahun untuk terurai dengan tanah. Sebab popok terbuat dari plastik dan kapas yang sulit untuk terurai. Jika masih menggunakan popok bayi yang dalam waktu yang lama tentu saja bisa membuat bertambahnya pencemaran lingkungan dan juga pemborosan energi yang sangat banyak membutuhkan air. Nah, untuk itu lebih baik mengganti popok bayi dengan popok kain yang bisa di dipakai berkali kali dan mudah untuk dicuci. 

  • Styrofoam

Barang ini biasanya dipakai untuk wadah makanan dan minuman. Namun wadah ini hanya bisa dipakai beberapa kali setelah itu bisa dibuang. Nah, Styrofoam sendiri sangat sulit terurai sebab wadah ini terbuat dari plastik yang berasal dari minyak bumi. Styrofoam tidak dapat terurai sampai 20 tahun sekalipun. Maka dari itu kita harus menggantinya dengan wadah lain seperti botol yang bisa dipakai lagi dan wadah makanan yang ramah lingkungan seperti daun pisang. 

Nah, itulah beberapa sampah yang sulit untuk diurai atau terurai. Nah, untuk mengurangi pencemaran lingkungan, kita juga perlu mengurangi penggunaan sampah plastik. Tak hanya itu, kita harus mengganti plastik menggunakan barang yang bisa dipakai lagi atau di cuci kembali. Dan menggunakan barang yang mudah terurai oleh tanah. Sehingga tercipta kebersihan lingkungan dan ekosistem tanah serta air tetap terjaga kelestariannya. Selain itu, kita juga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp